Beberapa Fungsi Pada Twitter

Sudahkah Anda mencoba membuat Twitter? Berhubung saya sendiri baru sebulan menggunakan Twitter, saya ingin berbagi sedikit tentang apa yang saya dapat dari Twitter. Dari awalnya Friendster, kemudian Facebook, dan akhirnya Twitter.

Pengguna Twitter yang masih baru pasti belum tahu tentang fungsi yang disediakan Twitter. Berikut ini garis besarnya.

1. Timeline
Tempat dimana setiap update dari teman Anda dan juga Anda di tampung.

2. Following - Follower
Following adalah akun yang Anda ikuti untuk mengetahui updatenya, sedangkan follower adalah akun yang ingin mengetahui update dari Anda. Untuk berhenti mengikuti update seseorang, cukup dengan unfollow saja.

3. Mention
Mencantumkan nama pengguna (username) pada tweet yang Anda buat, misalnya: @username Salam kenal. Berarti tujuan mention Anda adalah si @username dan pesannya adalah kata-kata yang mengikutinya. Balasan mention merupakan Retweet, yang maksudnya membalas tweet dengan tetap mencantumkan tweet sebelumnya.

4. Proteksi
Jika aktif, maksudnya adalah sistem yang membutuhkan persetujuan Anda ketika seseorang ingin follow akun Anda, dan Anda tidak dapat mention ke following yang bukan follower Anda. Jika tidak aktif, siapapun dapat dengan bebas jadi follower Anda dan Anda dapat mention siapapun yang Anda ingin.

5. Mute
Untuk menyembunyikan update akun yang Anda ikuti jika merasa merusak timeline Anda.

6. Block
Menghalangi seseorang yang menjadi follower Anda untuk tahu update Anda sekaligus menghapusnya dari deretan daftar follower Anda.

7. Hashtag
Tulisan yang dapat menjadi sebuah link dengan menambahkan tanda pagar (#) di depannya. Menjadi link yang terhubung dengan seluruh tweet dengan hashtag yang serupa.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan tentang Twitter.
Untuk mengenal seperti apa Twitter, segeralah bergabung! ^^

6 comments:

  1. gimana caranya kalo twitt kita di proteksi biar tidak bisa dilihat sembarangan orang selain followers kita,tapi followers kita bisa tetap mention dan retwitt TL kita,,masalahnya yang sekarang saya alamin twitt saya sudah di protek tapi followers saya tdk bisa mention dan retwitt TL saya.mohon solusinya dun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masih jadi kekurangan Twitter. Jika akunmu di proteksi, maka:
      - Tweet cuma bisa di Retweet oleh followermu, formatnya cuma bisa seperti ini: "RT @akun_mu: tweet_mu". Jadi mereka ga bisa klik tombol "Retweet" karena akunmu di proteksi.
      - Untuk mention, umumnya akun proteksi hanya bisa mengirimi mention ke akun yang memfollownya saja. Dengan kata lain, jika akun proteksi mengirimi mention ke akun proteksi lain yang tidak memfollow maka tidak akan sampai mentionnya.

      Delete
  2. kalo untuk menyembunyikan mention org gimana ? kita kalo nge search nama, pasti keluar mention dari org2. nah cara menyembunyikannya bagaimana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara menyembunyikan mention belum ada, satu-satunya cara adalah mengganti settingan akun Anda menjadi terproteksi.

      Delete
  3. Hemmmmm ini nih artikel yang aku cari, sangat bagus dan sangat menarik..dengan kata kata yang sangat mudah di fahami dan tidak bertele-tele..Thank ya infonya

    Jangan lupa mampir juga ya di blogku di http://evita217.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. thx min, saya copy dan share ya.

    gimana caranya agar tweet kita gak dihack oleh orang. kalau diprotect, tweet kita gak bisa diretweeted. kalau fungsi security, login request bisa gak digunakan untuk antisipasi hacking?.

    terimakasih,

    ReplyDelete