Cuci Bersih Sebelum Konsumsi

Jaman sekarang sedang marak sekali investigasi yang dilakukan terhadap makanan yang diduga mengandung bahan berbahaya. Entah bahan pewarna atau bahan pengawet, tetap harus di waspadai.

FDA (Food and Drug Administration) mendapati kandungan berbahaya pada beberapa sampel makanan. Mungkin makanan yang terlihat bagus memang sehat, sayangnya ada saja yang membahayakan jika pengolahannya tidak baik. Berikut ini daftarnya.

1. Sayuran Mentah
Anda pasti sering melihat makanan ikan goreng, ayam goreng selalu disertai dengan lalapan. Warna hijau sayuran selalu memberi kesan bahwa sayuran baik untuk dikonsumsi. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kandungan pestisida yang ada pada sayuran. Banyak kasus keracunan terjadi ketika memakan sayur, dan setelah diselidiki ternyata sayuran tidak tercuci hingga bersih sehingga ada pestisida tersisa pada sayuran.

2. Telur Mentah
Mungkin sebagian dari Anda senang memakan telur yang masih mentah. Namun, harus cermat jika memakan telur mentah karena mungkin saja terdapat bakteri Salmonella. Sehingga wanita hamil dilarang untuk mengkonsumsi dikarenakan dapat membahayakan janin.

3. Ikan dan Kerang
Makanan laut juga harus diwaspadai, mungkin saja masih mengandung merkuri yang membahayakan. Begitupun kerang, harus diwaspadai karena bakteri Vivrio vulnivicus dapat menyebabkan diare. FDA menganjurkan untuk memasak dan merebus hingga matang.

4. Buah
Buah adalah makanan yang paling banyak mengandung vitamin. Apalagi jika kulit buahnya berwarna sangat bagus sehingga kita berpikir bahwa buahnya sangat menyehatkan. Pernahkah Anda berpikir bahwa buah yang dijual di toko buah mungkin saja mengandung pestisida? Karena kebanyakan buah yang di panen dari perkebunan pasti diberi pestisida.

Jadi, cermatlah memilih makanan. Selalu cuci bersih bahan makanan atau buah sebelum di konsumsi.

No comments:

Post a Comment