Jangan Remehkan Pegal Punggung

Pegal-pegal pada punggun kerap diabaikan atau dianggap sepele. Padahal, rasa pegal sering sekali menyerang pinggang, leher, atau bahu yang menandakan ada yang salah dengan tulang belakang kita.

Untuk mengurangi resiko sakit pinggang, dianjurkan untuk mulai memperhatikan posisi tubuh saat beraktivifitas, baik berdiri juga duduk. Penelitian oleh seorang profesor tulang bernama Nachemson meneliti seberapa besar beban yang ditanggung oleh pinggang dalam berbagai posisi tubuh.

Saat berdiri tegak, bebannya 100.
Saat duduk membungkuk, bebannya 145.
Saat duduk tegak, bebannya 125.
Saat membungkuk, bebannya 175.
Saat rebahan, bebannya 30.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa beban pada pinggang paling ringan adalah ketika Anda sedang rebahan. Duduk membungkuk saja memiliki beban lebih besar daripada sedang berdiri tegak. Hingga akhirnya, Nachemson menemukan posisi ideal untuk duduk yang hanya memberi beban sebesar 75, yaitu posisi duduk bersandar dengan kemiringan 110 derajat.

Jika duduk lama di sebuah kursi kerja dan punggung mulai pegal, berarti kita harus segera meninggalkan kursi dan berjalan-jalan sebentar. "Pegal itu bahasa tubuh yang memberitahu kita bahwa ada yang harus diperbaiki," tuturnya.

No comments:

Post a Comment