Cara Root Dan Unroot ASUS Zenfone 5 (KitKat atau Lollipop)

Nah, kembali lagi saya akan membagikan beberapa ilmu dan pengalaman yang saya punya untuk Anda tentang Asus Zenfone 5. Jika punya saya adalah Asus Zenfone 5 A500CG, yang manakah punya Anda? Saya akan memberikan langkah-langkah untuk root/unroot. Sebelumnya, Anda harus mendownload beberapa aplikasi yang akan dibutuhkan untuk mengeksekusi Zeny Anda.

1. Pertama, Anda harus mempunya kabel USB yang baik dan dapat terhubung dengan PC. Kedua, Anda harus mendownload bahan utama untuk root/unroot, yaitu Zenfone 5 Tool Kit. Sekilas info, saya menggunakan link Dropbox, jadi jika Anda tidak bisa langsung mendownloadnya, silahkan buat akun Dropbox Anda.

2. Hubungkan Zeny Anda dengan PC.

3. Masuk ke Settings di Zeny Anda, Scroll sampai kebawah dan lihat apakah ada menu "Developer options" atau tidak. Jika belum, silahkan ikuti beberapa langkah berikut.

3A. Masuk ke menu Setings, pilih About, lalu Software Information. Disana Anda akan melihat ada "Build Number. Silahkan klik sebanyak 7 kali.


3B. Setelah itu kembali ke menu Settings, seharusnya menu "Developer options" sudah kelihatan.


3C. Masuk ke menu "Developer options", aktifkan dengan menggeser power yang ada di pojok kanan atas, lalu cari "USB debugging" dan beri tanda centang.


4. Pastikan PC Anda sudah di instal "Intel Android Driver". Jika belum, silahkan lihat disini.

5. Nah, sekarang kita bisa lanjutkan ke proses root/unroot.

6. Extract file yang tadi Anda download ke dalam satu folder. Maka akan nampak seperti gambar dibawah ini.


7. Sebelum memulai proses root/unroot, biasakan memulai dengan "CheckBeforeAction" (Merah) untuk memastikan Zeny Anda sudah terhubung dengan baik atau belum. Akan keluar command box seperti gambar dibawah ini. Cukup dengan klik Enter beberapa kali sesuai perintah, dan Zeny akan reboot beberapa kali.


8. Setelah command box "CheckBeforeAction" hilang, Anda bisa lanjutkan dengan "Root" (Hijau) dan keluar command box seperti dibawah ini.


9. Anda cukup dengan klik Enter beberapa kali sesuai perintah, maka Zeny Anda akan reboot beberapa kali lagi.

10. Setelah Zeny kembali hidup, silahkan lihat ke daftar aplikasi Anda, apakah sudah ada Superuser (Super SU)? Jika ada, berarti root berhasil. Selamat!


NOTE: Lakukan cara yang sama jika suatu hari Anda ingin unroot Zeny Anda.

Selamat Mencoba!

1 comment: